Ini dia tanaman Hortikultura yang bisa dijadikan bisnis !

Apa kalian tahu apa itu tanaman hortikultura? Nama holtikultura di ambil dari bahasa latin yaitu hortus yang artinya tanaman kebun dan cuktura yang berarti berbudidaya. Jika di komplikasikan tanaman holtikultura bisa kita artikan sebagai berbudidaya tanaman kebun.

Secara umum, tanaman ini juga bisa diartikan sebagai tanaman yang memiliki scope lokasi yang lebih luas, salah satunya yaitu produksi pertanian tradisional maupun modern.

Sehingga, tanaman holtikultura adalah tanaman yang meproduksi budidaya perkebunan, seperti budidaya buah-buahan dan juga sayuran. Jikan kamu sangat suka berkebun, tidak ada salahnya komu mencoba berbudidaya tanaman holtikultura ini untuk di rumah.

  1. Macam-macam bawang

Tanaman hortikultura yang sangat mudah untuk kamu coba di rumah yaitu seperti daun bawang, bawang merah, dan juga bawang putih. Karena tanaman bawang sangat cepat untuk beradaptasi terhadap iklim kering dan sinar matahari.

2. Tanaman cabai

Ketika kamu mempunyai tanaman hortikultura ini di rumah, kamu sudah tidak perlu cemas lagi jika sewaktu-waktu harga cabai naik. Membudidayakanyapun tidak memerlukan lahan yang berhektar-hektar cukup dengan mengunakan media polybag atau pot bunga.

Karena cabai sangat mudah sekali untuk beradaptasi dengan iklim yang ada di indonesia yang sangat panas. Namun kamu juga harus rutin untuk menyiraminya supaya tidak kering. Selain itu kamu juga harus menambahkan kapur agar kondisi tanah semakin subur dan pH tanahpun semakin ideal.

3. Tanaman tomat

Tanaman yang satu ini merupakan tanaman yang banyak sekali di coba di kalangan masyarakat. Tomat sendiri merupakan tanaman yang sering kali di konsumsi masyaratakat sebgai sayuran atau buah-buahnya.

Nutrisi yang terkandung dalam tanaman tomat ini sangatlah banyak, tanam ini juga sering dijadikan sebagai bahan penyedap masakan, dan juga biasa di hidangkan sebagai makanan pencuci mulut.

Selain itu banyak juga yang mengunakan tomat sebagai bahan dari obat-obatan tradisional yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit karena kaya akan nutrisi.

Ada beberapa jenis tomat yang dapat dijadikan sebagai tanaman hortikultura. Namaun hal terpenting yaitu ketika kamu memilih kualitas bibit tomat. Jadi, pastikan bibit tomat yang kamu pilih memiliki jenis bibit yang unggul dan juga baik.

4. Sayur sawi

Sayi merupakan salah satu tanaman yang menjadi favorit para pembudidaya tanaman di indonesia. Walaupun tanaman sawi ini bukan tanaman asli indonesia, namun tanaman ini sangat cocok untuk ditanam dengan iklim cuaca yang ada di tanah kita.

Selain itu sawi juga tahan terhadap huja, cuaca panas, dan juga sifatnya yang mudah tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Dan untuk menanam taman hortikurtula ini juga cukup mudah, seperti tanaman pada umumnya siapkan lahan untuk mengelolah, siapkan benih, menanam, memupuk, dan juga memeliharanya dengan baik secara rutin.

5. Daun pandan

Siapa yang tak kenal dengan tanaman hortikultura yang satu ini dengan wanginya yang sangat khas. Daun panda memiliki banyak sekali kegunaan bahkan manfaatnya seperti untuk bahan penyedap rasa, mengobati sakit perut, menambahkan nafsu makan, menjaga daya tahan tubuh, dan juga menghilangkan bau tak sedap pada tubuh.

Untuk membudidayakan tanaman ini cukup mudah, dengan menyediakan sepetak lahan atau pot dan di tempatkan ketempat yang teduh dan juga mudah untuk kita sioram setiap harinya. Daun panda juga bisa kita jadikan sebagai tanaman hias rumah juga lho!!

6. Kangkung

Kangkung merupakan salah satu tanaman hortikultura yang sangat mudah untuk kamu tanam di rumah lho! Hanya butuh waktu yang singkat 4-6 minggu setelah proses pembenihan kamu sudah bisa untuk memanen tanaman kangkung yang sangat lezat ini.

Selain itu, untuk menghasilakn kangkung yang sehat, bergizi dan juga tumbuh dengan lebat. Anda harus selalu memperhatikan pemberian pupuk hidroponik yang berkualitas tentunya.

7. Lidah buaya

Lidah buaya juga sanga cocok sekali untuk anda tanam di sekitar rumah. Karena proses perawatanya sangatlah mudah dan hampir sama dengan daun panda yang minim aka perawatan.
Hanya cukup menaruhnya di tempat yang teduh, namun untuk meletakkanya harus yang terkena sinar matahari supaya pertumbuhanya bisa berkembang dengan baik/subur.

Selain bentuk dari lidah buaya yang sangat menarik dan unik, tanaman ini juga banyak sekali akan manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga banyak di manfaatkan sebagai minuma dingin atau es lidah buaya.

Jadi bagai mana apakah anda sudah tertarik untuk menanamnya? Yuk tanam tanaman hortikultura di rumah anda masing-maing ya!

admin Written by:

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *