Tips Membuat Telur Ceplok yang Bagus dan Sempurna

Hidangan telur mata sapi atau lebih populer dengan sebutan telur ceplok bisa kamu nikmati di berbagai kesempatan. Bahkan, kalau kamu membeli tiket maskapai Garuda via Traveloka, kamu bisa saja mendapatkan pilihan menu ini saat makan di pesawat.

Kalau makan di pesawat atau restoran, rasanya makan telur ceplok saja lezat sekali. Belum lagi, kalau hidangannya terlihat cantik di atas piring. Nah, kamu bisa loh, membuat telur ceplok dengan bentuk yang bagus dan sempurna.

1. Menggunakan Wajan Antilengket

Meski terkesan mudah, pernahkah kamu benar-benar membuat telur ceplok dengan bentuk yang bulat sempurna? Membuat telur ceplok yang enak saja sih memang mudah, tapi lain persoalannya jika kamu ingin membuat telur ceplok dengan tampilan cantik. Ya, membuat telur mata sapi dengan kuning telur yang tidak pecah memang sulit. Kamu bisa menggunakan wajan antilengket agar permukaan telurnya tidak terkoyak.

2. Masak Telur Menggunakan Api Kecil

Bahan masakan yang dimasak dengan menggunakan api kecil bisa menghasilkan olahan makanan yang matang sempurna. Dalam hal ini, memasak dengan api kecil membuat telur tidak cepat gosong dan terkoyak. Meskipun waktu memasaknya sedikit lebih lama, telur ceplok akan matang merata. Nah, teknik memasak seperti ini juga memungkinkan kamu untuk bisa mendapatkan telur ceplok setengah matang.

3. Masak Telur di Wajan dengan Penutup

Meskipun bentuk telur ceplok yang kamu masak hasilnya bagus, bisa saja bagian kuning telurnya belum matang. Agar kamu bisa mendapatkan telur ceplok yang matang sempurna, sebaiknya tutup wajan ketika diletakkan di atas wajan. Wajan yang permukaannya panas secara merata bisa mematangkan permukaan telur dengan sempurna. Jadi, telur ceplok yang kamu masak tidak akan gosong, asalkan tetap menggunakan api kecil.

4. Gunakan Margarin untuk Pengganti Minyak Goreng

Minyak goreng untuk menggoreng telur ceplok bisa diganti dengan margarin. Jadi, kamu bisa menghasilkan telur ceplok dengan pinggiran yang renyah dan lebih gurih rasanya. Tidak hanya itu, kandungan margarin juga lebih sehat ketimbang minyak goreng. Jadi, kamu bisa mendapatkan nutrisi yang lebih tinggi untuk santapanmu.

5. Masak Telur Ceplok Sesaat Sebelum Disantap

Hidangan telur ceplok lebih lezat jika disantap dengan keadaan yang baru matang dan panas. Ya, kalau telur ceploknya sudah dingin, kadang bentuknya juga jadi rusak dan terkoyak. Nah, kalau sudah begitu terkadang kamu juga jadi tidak berselera untuk makan. Makanya, masak telur ceploknya jangan dibiarkan terlalu lama. Kalau kamu sudah mau makan, baru deh buat telur ceplok. Jadi, kamu bisa langsung makan telur ceplok yang bentuknya bagus dan rasanya juga lezat untuk disantap.

Nah, kamu tinggal memilih hidangan lauk yang cocok untuk disantap bersama telur ceplok. Kombinasi nasi hangat, lauk, ditambah telur ceplok memang jadi hidangan yang sulit ditolak ‘kan?

admin Written by:

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *